Cara Daftar Domain dan Hosting Gratis

12.27
Web Hosting

Jika Sobat Blogger sudah bosan bermain Blog dengan Platform Blogspot, ada baiknya sobat silahkan mencoba coba menjajal Blog dengan Self Hosted. Apa itu Blog Self Hosted? Yaitu blog yang mempunyai Hosting sendiri. Jika sobat sudah familiar dengan Blogger yang masih berada dalam Hosting Google dan belum begitu paham dengan Blog dengan Self Hosting, makan sobat patut mencoba nya secara Gratis.

Apa keuntungan membuat Blog dengan Hosting sendiri?
Tentu banyak fitur fitur yang sangat melimpah jika sobat menggunakan Hosting sendiri, tidak usah ribet ribet mengutak atik kode HTML dan JavaScript seperti Platform Blogger. Segala sesuatunya dilakukan secara otomatis dengan Hosting sendiri, hanya bermain dengan Plugin saja, tinggal Install dan beres. Tidak perlu ribet memikirkan SEO Off Page, karna sudah ada Plugin yang mengatur semua itu. Sobat hanya perlu fokus pada Link Building dan Konten Blog.

Selain itu juga dengan Self Hosted ini kaya akan Template menarik dan Responsive dan tentu nya juga SEO sangat diutamakan. Lalu bagaimana cara daftar domain dan hosting secara gratis? Berikut saya berikan tutorialnya.

Banyak sekali saat ini penyedia Hosting yang menyediakan jasa Hosting secara gratis, silahkan sobat cari di Google. Untuk kasus kali ini saya menggunakan jasa IdHostinger. Saya rekomendasikan untuk sobat pemula mendaftar di sini untuk sekedar belajar, karna settingan di IdHostinger ini simple dan tidak membingungkan.

Silahkan daftarkan akun baru di IdHostinger Disini atau klik Banner dibawah ini. Setelah mendaftar silahkan konfirmasi E-Mail sobat dan selanjutnya masuk ke cpanel.idhostinger.

Web Hosting


Cara Daftar Domain dan Hosting Gratis


Lihat gambar diatas, pilih Order Hosting Baru.

Cara Daftar Domain dan Hosting Gratis

Jika sudah silahkan masukkan nama Domain yang sobat inginkan yang nanti nya akan di Hosting. Masukkan Password sobat lalu klik lanjutkan, jika domain tidak tersedia, silahkan pilih domain lainnya hingga tersedia.

Cara Daftar Domain dan Hosting Gratis

Jika sudah akan muncul Ringkasan Order seperti dibawah ini, lalu klik Order.

Cara Daftar Domain dan Hosting Gratis

Jika sudah silahkan masuk ke CPanel Hosting sobat. Nah sekarang sobat sudah memiliki Hosting Gratis di IdHostinger kali ini. Lalu bagaimana cara membuat Blog nya? Sobat tinggal menginstall CMS atau Content Management Service di Blog sobat, CMS yang paling umum digunakan yaitu WordPress.org. Sobat bisa menginstallnya manual via FTP atau secara otomatis via CPanel IdHostinger dengan fitur Auto Installer. Silahkan baca artikel berikut untuk cara menginstall CMS dan beberapa fitur SEO di Blog Self Hosting baru sobat.

Cara Menginstall WordPress di Self Hosted

Selamat Mencoba!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »